Motivasi Usaha Sate Klatak di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Sayid Jabbar Surendra Department Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang
  • Anie Eka Kusumastuti Department Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang
  • Siti Azizah Department Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.32503/senacenter.v1i1.31

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi usaha dari usaha sate klatak yang berada di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Penelitian dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2021. Aspek Motivasi usaha yang diamati dalam penelitian ini mengambil dasar dari teori McClelland mencakup kebutuhan berprestasi (need of Achievement), kebutuhan berkuasa (need of Power), dan kebutuhan afiliasi (need of Affiliation). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dua orang informan kunci (key informan), yaitu pemilik usaha sate klatak Pak Pong dan sate klatak Kang Dayat dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap dua orang informan kunci menunjukkan bahwa kebutuhan motivasi yang lebih dominan yang mendorong seseorang menjadi pemilik usaha sate klatak adalah kebutuhan berprestasi. Kebutuhan berprestasi yang dimaksud yaitu faktor mencari nafkan dan adanya keinginan menjadi mandiri. Hal ini didukung oleh adanya lingkungan keluarga yang juga memiliki usaha serupa sehingga memudahkan dan mensukseskan mereka dalam melakukan usahanya.

Downloads

Published

2022-04-07