Analisis Saluran Distribusi Ayam pung di Kabupaten Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.32503/senacenter.v1i1.4Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alur distribusi ayam kampung, mengetahui margin pemasarannya serta mengetahui tingkat efisiensi pada masing – masing saluran distribusiyang berada di Kabupaten Lumajang. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari 60 orang peternak ayam, 26 orang pengepul, 14 orang pedagang dan 20 orang konsumen yang terdiri dari konsumen industri dan konsumen rumah tangga. Metode pengambilan data pada penelitian ini alah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Metode analisis berupa analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan sistem saluran distribusi ayam kampung di Kabupaten Lumajang dan deskriptif kuantitatif untuk menghitung margin pemasaran dan efisiensi pemasaran ayam kampung di Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Lumajang terdapat 3 saluran distribusi dalam memasarkan ayam kampung yakni saluran distribusi 1 (peternak ke konsumen akhir), saluran distribusi 2 (peternak ke pengepul lalu ke konsumen akhir), dan saluran distribusi 3 (peternak ke pengepul ke pedagang lalu ke konsumen akhir). Total margin pemasaran paling besar terdapat pada saluran distribusi 3 yaitu sebesar Rp 9.462,- dan total margin pemasaran paling kecil terdapat pada saluran distribusi 1 yaitu sebesar Rp 0,-. Tingkat efisiensi saluran distribusi ayam kampung di Kabupaten Lumajang seluruhnya tergolong efisien dikarenakan memiliki tingkat efisiensi dibawah 33%.