Analisis Manajemen Rantai Pasok Usaha Sapi Potong Skala Menengah (Studi Kasus pada UD. Sapi Baru) Desa Sukorejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk
Keywords:
Efisiensi pemasaran, Rantai pasok, Sapi potongAbstract
Ternak sapi potong adalah salah satu ternak penghasil daging yang memiliki nilai gizi dan ekonomi tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aliran produk rantai pasok ternak sapi potong dan seberapa efisiensi pemasaran rantai pasok ternak sapi potong di UD. Sapi Baru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-September 2022. Lokasi penelitian di UD. Sapi Baru di Dusun Jajar, Desa Sukorejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Metode Penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer (observasi), data sekunder (foto/dokumen). Analisis menggunakan deskriptif Food Supply Chain Network (FSCN), menganalisis margin pemasaran menggunakan farmer share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan pola aliran rantai pasok dimana pengambilan bibit/bakalan sapi potong diperoleh dari petani peternak, pedagang pemasar, dan pasar, selanjutnya didistribusikan pada pejagal dan RPH. Dari segi efisiensi petani sebesar 19,1%, UD. Sapi Baru 12,6% pejagal 1,14%. Farmer share 76%. Dari segi efisiensi telah mencapai tingkat efisiensi yang rendah pada setiap lembaga pemasaran yang terlibat dalam aliran produk sapi potong.