Analisis Produksi dan Pola Distribusi Telur Puyuh di Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.32503/senacenter.v1i1.5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk saluran pemasaran telur puyuh, mengetahui besar margin, keuntungan, dan tingkat efisiensi pada masing-masing saluran pemasaran telur puyuh yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Jumlah responden yang digunakan yaitu sebanyak 106 responden yang terdiri dari peternak, pengepul, pedagang besar, pedagang pengecer, konsumen. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 bentuk saluran pemasaran telur puyuh di Kabupaten Banyuwangi yatu saluran 1 (peternak ke konsumen), saluran 2 (peternak ke pedagang pengecer), saluran 3 (peternak ke pedagang pengepul), saluran 4 (peternak ke pedagang pengepul, dan pedagang pengecer), saluran 5 (peternak ke pedagang pengepul ke pedagang besar, dan pedagang pengecer), saluran 6 (peternak ke pengepul). Total margin pemasaran paling besar terdapat pada saluran 5 yaitu sebesar Rp5.333 per kg dan total margin paling kecil terdapat pada saluran 1 yaitu sebesar Rp0 per kg. Jumlah keuntungan terbanyak yaitu pada peternak saluran 1 yaitu sebesar Rp9.373 per kg dan keuntungan terkecil pada pedagang pengepul saluran 5 yaitu sebesar Rp875 per kg, untuk persentase keuntungan terbesar dari pemasaran telur puyuh yaitu pada peternak saluran 1 sebesar 60% dan untuk persentase keuntungan terkecil yaitu pada pedagang pengepul saluran 5 sebesar 4%. Tingkat efisiensi pemasaran telur puyuh di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan biaya pemasaran dan margin pemasaran dinyatakan efisien.